Mengejar Mimpi Sampai ke Mesir: Review Buku Sang Alkemis by Paulo Coelho

Sebuah buku filosofi yang ditulis seperti dongeng yang konon kabarnya mampu mengubah hidup pembacanya. 

Mengisahkan seorang pemuda bernama Santiago, Penggembala yang seumur hidupnya 'berpetualang' dari satu desa ke desa lainnya. Setiap malam si Santiago ini selalu mendapatkan mimpi yang sama yakni tentang harta karun yang tersembunyi di piramida-piramida Mesir.

Karena selalu dihantui mimpi yang sama, ia akhirnya mengunjungi seorang penafsir mimpi yang ternyata tidak mampu menafsirkan mimpinya. Hingga suatu hari si Penggembala bertemu seorang kakek yang mengaku sebagai Raja. Sang Kakek menyuruhnya untuk mengikuti mimpinya dan memulai petualangannya ke Mesir. Setelah menjual domba-dombanya, ia pun menggunakan uang hasil penjualanya untuk membeli tiket ke Afrika. Apakah Santiago berhasil mendapatkan harta karunnya setelah merelakan harta satu-satunya yakni domba-dombanya yang kemudian ditipu di negeri orang? Nanti gue tulisin spoilernya,hehehe



Ringan tapi berbobot adalah kesan pertama saya setelah menamatkan novel ini. Dengan menggunakan kisah petualangan yang sangat sederhana, pembaca diajak untuk memahami rahasia-rahasia alam semesta dan pergumulan batin manusia ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup yang sulit.

Untuk orang yang terbiasa membaca novel romance dan metropop, buku-buku karya Paulo Coelho adalah pilihan terakhir dalam list bacaan gue. Secara novelis idaman gue adalah AliaZalea dan tentu Christian Simamora yang terkesan santai dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Sementara untuk buku 'berat' seperti Sang Alkemis ini tergolong susah untuk dicernah otak gue yang tak seberapa ini. 

Awalnya beli novel ini karena pertama: Harga yang murah meriah karena lagi ada promo cashback, Kedua: Reputasi Penulis dan novelnya sendiri. So, selama kerja di Gramedia gue setiap kali ketemu pembeli yang mencari novel Paulo Coelho pasti mereka bilang Sang Alkemis adalah salah satu novel best seller dan berkesan banget buat mereka. Walaupun penasaran, jujur aja gue nggak ada niat sama sekali buat baca buku ini, sampai suatu hari alam semesta berkata lain.... hahaha

Singkat cerita, setelah iming-iming promo tempo hari, gue belilah buku ini hitung-hitung sebagai bacaan cadangan selama liburan natal dan tahun baru. Ternyata oh Ternyata, buku yang awalnya gue labeli 'berat' ini tidak serumit yang kalian bayangkan. Sebelumnya gue juga udah pernah membaca beberapa karya Paulo Coelho yang 'terpaksa' gue selesaikan yakni Selingkuh dan 11 Menit. Ada juga dua novelnya yang masih tersimpan rapih di rak buku saking beratnya buat gue selesaikan. Tapi tidak dengan Sang Alkemis. 

Penulis memberikan gaya yang berbeda seperti berdongeng lengkap dengan kata-kata bijak yang kemudian mengajak kita merenung. Sedikit spoiler ya, jadi si penggembala digambarkan sebagai seorang karakter yang berjiwa bebas dan tidak ingin terikat pada sesuatu. Sementara sisi lain di dirinya sebenarnya ingin 'menetap'. Karakter yang menggambarkan gue banget; memiliki 2 keinginan yang sebenarnya bertolak belakang di waktu yang sama. 

Kadang si penggembala bermimpi untuk memulai petualangannya dan melihat kota-kota lain di tempat yang jauh, tapi di saat yang bersamaan juga ia ingin menikah dan menetap bersama keluarga kecilnya. Sampai akhirnya dia bertemu seorang Kakek yang ternyata suka membantu dan mengompori orang lain untuk tidak menyerah dan mengejar mimpi mereka. Yah, agak kurang kerjaan juga ya si Kakek ini. Sang kakek juga sering memberikan wejangan-wejangan seperti:


 "Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya" - Sang Raja

Dusta terbesar itu: Bahwa pada satu titik hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib" - Sang Raja


Disini penulis ingin menegaskan bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita adalah sebagian besar merupakan buah dari keputusan yang kita ambil. Ketika kita memutuskan untuk mengejar mimpi jangan pernah khawatir akan hasilnya, yakin saja maka semesta akan membantu. Setelah baca buku ini, gue kurang-kurangin deh menyalahkan keadaan hehehehe... Penulis juga ingin menyampaikan bahwa ada saatnya kita harus meninggalkan segala kenyamanan -get out of your comfort zone- dan memulai petualangan, merasakan pahitnya hidup.

Sampai di pertengahan buku, barulah gue sebagai pembaca yang suka penasaran mengenai 'arti judul' sebuah novel dibuat ngeh dan ber'Ooo' ria. Walaupun masih bingung juga sih kenapa judulnya Sang Alkemis karena cerita ini kan tentang si Penggembala yang mencari mimpi kemudian bertemu Sang Alkemis bukan tentang Sang Alkemisnya sendiri. Nanti setelah mencapai akhir halaman, gue pun menyimpulkan kalau ternyata si Penggembala akhirnya menjadi Seorang Alkemis juga karena mampu melakukan hal-hal ghoib macam Roy Kimochi. Sebut saja membaca pertanda-pertanda, mendapat anugerah penglihatan tentang masa depan dan menjadi seperti Avatar yang bisa berkomunikasi dengan Angin dan Padang Pasir.

Oya, ending bukunya bener-bener bikin geleng-geleng kepala. Nggak habis pikir. Dijamin bakal keselll deh habis baca buku ini, apalagi buat kalian yang malas mikir, KZL bangett dong disuguhi teka-teki permainan pikiran. 

PROS:
  • Full kata-kata bijak
  • Bisa ikutan bijak juga setelah baca buku ini
  • Harga terjangkau
  • Halaman tipis jadi enak buat yang malas baca dan bisa dibawa kemana aja apalagi kalau malas bawa buku yang berat banget
KONS:
  • Agak berat untuk dibaca anak SD
  • Nggak suka endingnya walaupun sebenarnya sangat menginspirasi (Maafkan hamba)


Dengan cerita yang sederhana, singkat, nggak tebal-tebal amat, Sang Alkemis adalah salah satu buku yang WAJIB BANGET kamu baca. Walaupun isinya sedikit 'berat' tapi pelajaran hidup yang didapatkan sangat bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Tinggalkan dululah novel romance dan teenlit remaja, yuk olahraga otak dulu dengan buku-buku Paulo Colheo ini, hehehehehehe.


5 komentar:

  1. ARENADOMINO | DEWA POKER | TEXAS HOLDEM POKER |
    POKER ONLINE | PERMAINAN POKER | TEXAS POKER |
    POKER ONLINE INDONESIA | ZYNGA POKER | POKER UANG ASLI
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp20.000 | PIN BB : 2AE9E806
    DAFTAR SEKARANG JUGA DI WWWDOTAREADOMINODOTPOKER

    BalasHapus
  2. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  3. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  4. POKER899 adalah situs POKER ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA di INDONESIA yang menyediakan permainan judi online POKER TEXAS,CEME,CEME-KELILING!,DOMINO!,CAPSA!,SUPER-10!,OMAHA!. Didukung oleh customer service kami yang ramah dan siap membantu Anda selama 24 jam non stop. POKER899 menjamin keamanan data member dan menjamin permainan POKER ONLINE di POKER899 bebas dari ROBOT atau 100% REAL PLAYER vs PLAYER. Disaat Agen lain mengharapkan Anda kalah, POKER899 Justru mengharapkan Anda MENANG, karena kemenangan anda adalah kemenangan kami juga. POKER899 memberikan Bonus dan Event menarik setiap bulan dengan hadiah senilai jutaan hingga ratusan juta rupiah.
    Keuntungan bermain di POKER899 adalah :

    -Bonus TurnOver 0,3% - 0,5%
    -Bonus new member Rp.10.000,-
    -Bonus Referral 10%
    -Sistem Bonus paling besar
    -Proses Deposit & Withdraw yang sangat cepat
    -100% Player vs Player
    -Sistem keamanan yang sangat di unggulkan
    -Server yang ringan dan mudah untuk di akses
    -Support Android & IOS
    -Minimal Deposit Rp.15.000,-
    -Minimal Withdraw Rp.15.000,-
    -Live chat 24 jam nonstop

    BalasHapus
  5. Sang Alkemis memang dikemas dengan cara yang unik, ringan, tapi juga berbobot. Seperti membaca dongeng. Beda dengan novelnya yang lain sebut saja selingkuh dan 7 minutes yang agaknya tidak semua orang bisa nikmati.
    Salam kenal Kreta Amura, terimakasih sudah mampir... :)

    BalasHapus