Yuk, tidak berbuat apa-apa!

Beberapa saat lalu saya membaca sebuah buku berjudul 'Berbuat Baik itu Mudah'. Kebetulan diluar sedang hujan deras dan Makassar dilanda banjir. Selain itu, jaringan wifi di kantor kami sedang tidak lancar. Salah satu alasan saya untuk menunda pekerjaan dan malah mondar-mandir penuh gelisah. Entah dorongan apa yang menghasut saya untuk membaca salah satu buku yang disimpan teman kantor di dalam loker arsip. Buku tipis yang sepertinya ditujukan untuk anak SD dengan sampul bergambar anime.

Jika menilai dari sampulnya, jelas saya tidak tertarik. Namun seperti pepatah 'Jangan menilai buku dari sampulnya', saya pun membuka buku tersebut dan mulai membaca daftar isi. Satu yang menggelitik, sebuah sub bab dengan tulisan 'Yuk, tidak berbuat apa-apa!'.

Apa-apaan! Buku macam apa yang mengajarkan pembacanya apalagi anak kecil untuk tidak berbuat apa-apa. Kemudian saya teringat buku Mark Manson 'Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat'. Sebuah bacaan aneh untuk generasi sekarang ini. Generasi yang terlalu memusingkan banyak hal dan sepertinya butuh asupan 'vitamin bodo amat' agar tidak terlindas jaman.

Setelah merenung beberapa saat, saya memutuskan untuk mulai membaca. Barulah saya ngeh, yang dimaksud dengan tidak berbuat apa-apa adalah bermeditasi. Menurut ajaran Budha, meditasi membantu kita untuk mengontrol pikiran yang merupakan sumber kebahagiaan dan penderitaan umat manusia. Tapi jangan salah, walaupun saya meluangkan waktu untuk membacanya sampai habis, saya tidak akan membahas meditasi ataupun agama di sini.

Tidak berbuat apa-apa, kedengarannya sangat mudah untuk dilakukan. Sejenak saya berpikir ini adalah salah satu keahlian saya -Tidak berbuat apa-apa-, toh memang saya pemalas kan. Apa susahnya.

Tapi, tidak berbuat apa-apa menurut buku ini bukanlah tidur-tiduran, bermain hape, nonton youtube, atau bermalas-malasan di kasur saat musim hujan. Melainkan, duduk diam dan tidak melakukan apa-apa. Tidak bermain hape, nonton ataupun berpikir macam-macam. So, you are literally doing nothing! Hanya duduk dan memusatkan pikiran pada suatu hal.

Singkatnya, meditasi! (tuh kan bahas meditasi, padahal tadi bilangnya tidak)

Saya teringat kejadian dua hari lalu. Hari minggu pukul 5 sore, akhirnya saya terpanggil ke gereja setelah beberapa bulan mencari hidayah dan diomeli keluarga hehehehe. Menurut saya bermain hape di dalam gereja adalah sebuah tindakan yang tidak sopan, dapat mengganggu ibadah orang lain dan tanda orang yang tidak tulus ibadahnya. Memang saya adalah Katolik musiman, alias ke gereja saat ada niat saja tapi saya juga sangat tidak mempercayai manfaat ke gereja kemudian bermain Hape. Paling lucu lagi ketika melihat beberapa umat yang masih saja memaksakan diri membuat instastory di tengah-tengah ibadah, plus hastag #happysunday bla bla bla. Rasanya pencitraan sekali. Beribadah adalah urusan pribadi dengan Tuhan, tidak perlu di upload sana sini bukan?

Tapi saya paham, setiap orang memiliki prinsip hidup yang berbeda. Mungkin saja itu adalah salah satu jenis ujian dari Tuhan, sampai saya pun diuji dengan prinsip tersebut. Rasanya sangat susah untuk tidak mengecek hape dalam kurun waktu beberapa menit. Seperti ada sebuah aturan dalam otak untuk menggerakkan tangan secara otomatis melihat apakah ada notifikasi baru, atau sekedar swipe kiri, swipe kanan. Walaupun saya tidak pernah memiliki keinginan untuk berfoto atau mengupload instastory saat beribadah, keinginan untuk setidaknya memberitahukan kepada dunia bahwa saya AKHIRNYA PERGI KE GEREJA, sangat sulit dihindari.

Saya sampai harus berkali-kali mengingatkan diri sendiri bahwa sekarang saatnya beribadah, bukannya membalas pesan di WhatsApp, melihat story teman lain, atau hanya sekedar membuka-buka instagram yang rasanya tidak ada manfaatnya saat itu. Bersabarlah! Try to focus, Brain!

Tidak berbuat apa-apa sama halnya beribadah di gereja. Kita hanya perlu duduk manis dan fokus pada satu hal selama kurang lebih satu jam, yaitu beribadah. Kedengarannya sangat gampang bukan? Tapi tidak sesederhana itu. Akan ada begitu banyak distraksi yang membuat pikiran susah fokus, mengantuk misalnya atau memperhatikan penampilan orang lain.

So, siapa bilang tidak berbuat apa-apa itu mudah? Padahal banyak manfaatnya...

4 komentar:

  1. ARENADOMINO | DEWA POKER | TEXAS HOLDEM POKER |
    POKER ONLINE | PERMAINAN POKER | TEXAS POKER |
    POKER ONLINE INDONESIA | ZYNGA POKER | POKER UANG ASLI
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp20.000 | PIN BB : 2AE9E806
    DAFTAR SEKARANG JUGA DI WWWDOTAREADOMINODOTPOKER

    BalasHapus
  2. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  3. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  4. POKER899 adalah situs POKER ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA di INDONESIA yang menyediakan permainan judi online POKER TEXAS,CEME,CEME-KELILING!,DOMINO!,CAPSA!,SUPER-10!,OMAHA!. Didukung oleh customer service kami yang ramah dan siap membantu Anda selama 24 jam non stop. POKER899 menjamin keamanan data member dan menjamin permainan POKER ONLINE di POKER899 bebas dari ROBOT atau 100% REAL PLAYER vs PLAYER. Disaat Agen lain mengharapkan Anda kalah, POKER899 Justru mengharapkan Anda MENANG, karena kemenangan anda adalah kemenangan kami juga. POKER899 memberikan Bonus dan Event menarik setiap bulan dengan hadiah senilai jutaan hingga ratusan juta rupiah.
    Keuntungan bermain di POKER899 adalah :

    -Bonus TurnOver 0,3% - 0,5%
    -Bonus new member Rp.10.000,-
    -Bonus Referral 10%
    -Sistem Bonus paling besar
    -Proses Deposit & Withdraw yang sangat cepat
    -100% Player vs Player
    -Sistem keamanan yang sangat di unggulkan
    -Server yang ringan dan mudah untuk di akses
    -Support Android & IOS
    -Minimal Deposit Rp.15.000,-
    -Minimal Withdraw Rp.15.000,-
    -Live chat 24 jam nonstop

    BalasHapus